Minggu, 31 Oktober 2010

PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

 Pengertin pemasaran
Pemasaran merupakan keseluruhan dari pengertian tentang :
• Penjualan
• Perdagangan
• Distribusi
Gambaran tentang pemasaran secara luas dapat diketahui dari definisi yang dikemukukan oleh William J . Stanton berikut ini
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga. Mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial
Sebenarnya proses pemasaran itu terjadi atau dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi
 Penciptaan Faedah Bagi Konsumen
Selain pemasaran, kegiatan lain yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah :
• Produksi yang membuat barang-barang
• Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut
Faedah (utility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan
Perusahaan dapat menciptakan lima macam faedah, yaitu
1. Faedah Waktu
Jadi produk yang ditawarkan harus selalu siap pada saat diperlukan oleh konsumen
2. Faedah Tempat
Jadi, penjual berusaha untuk menentukan lokasi persediaan produknya sedekat mungkin dengan konsumen
3. Faedah Milik
Faedah milik diciptakan dengan memoersiapkan pemindahan hak milik dari penjual kepada pembeli

4. Faedah Informasi
Faedah informasi diciptakan dengan memberikan informasi tentang penawaran suatu produk kepada konsumen
 Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan
 Pendekatan Studi Pemasaran
• Pendekatan Serba Fungsi
1. Penjualan
Penjualan ini merupakan fungsi yang paling penting dalam pemasaran karena menjadi tulang punggung kegiatan untuk mencapai pasar yang dituju
2. Pembelian
Fungsi pembelian bertujuan memilih barang-barang yang dibeli untuk dijual atau untuk digunakan dalam perusahaan dengan harga, pelayanan dari penjual dan kualitas produk tertentu
3. Pengangkutan
Pengangkutan merupakan fungsi pemindahan barang dari tempat barang dihasilkan ke tempat barang dikonsumsi
4. Penyimpanan
Penyimpanan merupakan fungsi menyimpan barang-barang pada saat barang selesai diproduksi sampa pada saat barang dikonsumsikan
5. Pembelanjaan
Pembelanjaan adalah fungsi mendapatkan modal dari sumber ekstern guna menyelenggarakan kegiatan pemasaran.
6. Penanggungan Risiko
Penanggungan risiko adalah fungsi dari menghindari dan mengurangi risiko yang berkaitan dengan pemasaran barang
7. Standardisasi dan Grading
Penentuan batas-batas dasar dalam bentuk spesifikasi barang-narang hasil manufaktur,kadang-kadang juga disebut normalisasi
8. Pengumpulan Informasi Pasar
Dalam fungsi ini pengumpulan dan penafsiran keterangan-keterangan tentang macam barang yang beredar di pasar,jumlahnya, macam barang yang dibutuhkan konsmen, harganya, dan sebagainya
 Pendekatan Serba Lembaga
• Penyadia bahan/supplier yang menyediakan bahan kepada produsen
• Produsen yang mengelolah bahan menjadi barang jadi
• Perantara dagang, seperti : pedagang besar dan pengecer
• Perantara Agen, seperti : agen penunjang dan agen pelengkap
• Perusahaan saingan dan Pembeli Akhir
 Pendekatan Serba Barang
Suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau industri
 Pendekatan Seraba Manajemen
Pendekatan ini mempelajari dan menekankan masalah-masalah pemasaran yang dihadapi oleh produsen sebagai kekurangan dari aspek lain tentang sistem pemasaran
 Pendekatan Serba Sistem
Sumber Pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran,barang,jasa,ide,orang,dan factor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh,dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya
PASAR
 Pengertian Pasar
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untu puas,uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya
 Macam-macam Pasar
• Pasar Konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsi,bukannya dijual atau diperoses lebih lanjut
• Pasar Industri adalah pasar yang terdiri atas individu-individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang-barang untuk dipakai lagi, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam memproduksi barang lain yang kemudian dijual
• Pasar Penjual adalah suatu pasar yang terdiri atas individu-individu dan organisasi yang membeli barang-barang dengan maksud untuk di jual lagi
• Pasar Pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintah
 Segmentasi pasar
Segmentasi Pasar adalah kegiatan memnagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen
MARKETING MIX DAN PRODUK
 Pengertian Marketing Mix
Marketing mix adalahkombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakn inti dari system pemasaran perusahaan, yakni : produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi
 Pengertian Barang
Barang/produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer pelayanan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan
 Penggolongan Barang menurut Tingkat Pemakaian dan Kekongkritannya
1. Barang Tahan Lama
Barang tahan lama adalah barang-barang yang secara normal dapat dipakai berkali-kali, jadi dapat dipakai untuk jangka waktu yang relatif lama
2. Barang Tidak Tahan Lama
Barang-barang yang secara normal hanya dapat dipakai satu kali atau beberapa kali saja, artinya sekali dipakai akan habis, rusak, atau tidak dapat dipakai lagi
3. Jasa
Jasa adalah kegiatan, manfaat, atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual .Misalnya : jasa reparasi, jasa potong rambut, jasa pendidikan dan sebagainya

 Penggolongan Barang menurut Tujuan Pemakaiannya oleh si Pemakai
1. Barang Konsumsi
Barang konsumsi adalah barang-barang yang dibeli untuk dikonsumsikan
• Barang konvenien
• Barang shopping
• Barang sepesial
2. Barang industri
Barang industri adalah barang-barang yang dibeli untuk diproses lagi atau untuk kepentingan dalam industri, baik secara langsung atau tidak langsung dipakai proses produksi.
• Barang baku
• Komponen dan Barang setengah jadi
• Perlengkapan operasi
• Instalasi
• Peralatan ekstra
 Siklus Kehidupan Barang ( Product Life Cycle )
1. Tahap Perkenalan
2. Tahap Pertumbuhan
3. Tahap Kedewasaan dan Kejenuhan
4. Thap Kemunduran
 Merk
Brand adalah suatu nama, istilah simbul, atau disain (rancangan), atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang-barang yang dihasilkan oleh pesaing
SALURAN PEMASARAN
Saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalirkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri
 Alternatif Saluran Distribusi untuk Barang Konsumsi dan Barang Industri
Perantara adalah individu lembaga bisnis yang beroperasi di antara produsen dan konsumen atau pembeli industri
 Perantara Saluran
• Pedagang Besar
1. Pedagang besar dengan fungsi penuh, yaitu pedagang besar yang melaksanakan seluruh fungsi pemasaran.
2. Pedagang besar dengan fungsi terbatas, yaitu pedagang besar yang hanya melaksanakan satu atau beberapa fungsi pemasaran.
• Pengecer
Perdagangan eceran ini meliputi semua kegiatan yang berhubungan secara lengsung dengan penjual barang atau jasa kepada konsumen akhir untuk keperluan pribadi (bukan untuk keperluan bisnis)
• Agen
Jenis-jenis agen yang ada antara lain
1. Agen Penjualan, yang mempunyai tugas utama mencarikan pasar bagi produsen
2. Agen Pembelian, yang mempunyai tugas utama mencarikan penyedia/supplier
3. Agen Pengangkutan, yang mempunyai tugas utama menyampaikan barang dari penjualkepada pembelinya.
 Distribusi Fisik
Pada pokoknya, dua masalah penting yang terdapat dalam kegiatan distribusi fisik ini adalah :
• Pengangkutan dapat diartikan sebagai pemindahan berang melalui suatu jalan atau jalur yang mengambil tempat di antara lembaga-lembaga saluran, atau antara lembaga saluran dengan konsumen
• Penyimpanan
PENENTUAN HARGA
 Arti dan Pentingnya Harga
Harga adalah sejumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayananya
 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Harga
1. Keadaan Perekonomian
2. Penawaran dan Permintaan
3. Elastisitas Permintaan ( Inelastis, Elastis, Unitary elasticity )
4. Persaingan ( persaingan tidak sempurna, Oligopoli, Monopoli )
5. Biaya merupakan dasar dalam penentuan harga
6. Tujuan Perusahaan
7. Pengawasan Pemerintah
 Politik Penetapan Harga
• Potongan Harga
Potong merupakan pengurangan dari harga yang ada.Biasanya potongan hasrga ini diwuludkan dalam bentuk tunai dan dimaksudkan menarik konsumen.Tetapi kadang-kadang potongan tersebut juga diberikan berupa barang

PROMOSI DAN PERIKLANAN
 Promosi
Promosi merupakan salah satu variable marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasar-pasarnya.
Beberapa kegiatan yang ada dalam promosi ini pada umumnya ada empat, yaitu
1. Periklanan 3. Promosi penjualan
2. Personal selling 4. Publisitas dan hubungan masyarakat
 Periklanan
Periklanan adalah komunikasi non-individu, dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non-laba, serta individu-individu
1. Tujuan Periklanan
Tujuan periklanan yang terutama adalah menjual atau meningkatkan penjualan barang atau jasa
2. Jenis Periklanan
a. Periklanan barang (product advertising)
Periklanan dilakukan dengan menyatakan kepada pasar produk yang ditawarkan
b Periklanan kelembagaan ( Institusional advertising)
Periklanan ini lebih menitik-beratkan pada nama penjual atau perusahaannya
3. Media Periklanan
 Surat Kabar
 Majalah
 Radio
 Televisi
 Pos langsung
4. Biro Periklanan
Biro periklanan merupakan lembaga bisnis yang berdiri sendiri, yang mengkhususkan kegiatannya di bidang perencanaan, pengembangan, dan penempatan periklanan bagi langganannya

PERSONAL SELLING, PROMOSI PENJUALAN, DAN PUBLISITAS
 Personal Selling
Personal Selling adalah interaksi antar individu, saling bertemu muka yang ditunjukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai, atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain
1. Proses Personal Selling
a. Persiapan sebebelum penjualan
b. Penentuan lokasi pembeli potensial
c. Pendekatan pendahuluan
d. Melakukan penjualan
e. Pelayanan sesudah penjualan
2. Jenis Tugas Penjualan dan Salesman
a. Trade selling dan merchandising salesman
b. Missionary selling dan detailmen
c. Technical sellng dan sales engineer
d. New business selling dan pioneer product salesman
 Promosi Penjualan
Contoh : Peragaan, pameran, demonstrasi, hadiah, contoh barang, dan sebagainya
 Publisits

Tidak ada komentar:

Posting Komentar